RSS

ECO SCHOOL

Gerakan Sejuta Lubang Resapan untuk Surabaya.

Kamis, 20 Oktober 2011. SMA Negeri 16 Surabaya, di Gedung Kesenian menjadi tempat untuk launching “Gerakan Sejuta Lubang Resapan Untuk Surabaya”, dalam rangka mewujudkan Surabaya lebih ramah lingkungan.

Peserta terdiri dari 120 Sekolah, SMP, SMA dan SMK. Peluncuran Gerakan Sejuta Lubang Resapan di resmikan oleh Ibu Wali Kota Surabaya. IBu Ir. Tri Rismaharini

Bu Risma sedang membuat lubang resapan

Lomba Mural, (Melukis di Dinding Tembok ) SMAN 16 Sby

Rabu, 12 Oktober 2011, mulai Pukul 06.30 s.d 15.00 WIB, lomba Mural dimulai. Peseta perwakilan kelas X, XI dan XII  terdiri dari 5-10 Orang dari 29 Kelas, berlomba adu kreasi Mural bertema “lingkungan”.

Peserta antusias menggoreskan kanvasnya diatas dinding tembok belakang /samping kelas. Peduli lingkungan bisa dengan mengekspresikan dalam bentuk lukisan. Sampai dengan pukul 15.00 WIB, hasil kerja peserta umumnya baru 30-40 %, besok bisa dilanjutkan setelah pulang sekolah.

Acara lomba ini diliput oleh Media Cetak dan media elektronik, seperti JTV, JawaPos, SCTV , Tunas Hijau dan media lainnya. Hasil lomba akan diumumkan hari Senin pada saat Upacara Bendera. Bagi seluruh peserta tingkatkan semangat mu, biar hasilnya maksimal.

Mural, banyak manfaatnya. Dinding tembok yang tadinya kumuh, kotor, tidak ada manfaat karena  letaknya di bagian paling belakang, tidak tersentuh kebersihan. Sekarang tembok sudah bermakna karena MURAL. Rencanya lahan kosong didepan dinding akan dibuat Kolam Ikan Pancing/Budi Daya Ikan, sehingga warga sekolah bisa mengelola kolam manjadi bernilai ekonomis. Dinding tembok hasil Mural, menjadi  VIEW yang bagus disekeliling kolam.

Guru-Guru SMAN 16 sby Peduli Lingkungan

Program sekolah tentang peduli lingkungan disambut dengan antusias oleh  Guru-guru mata pelajaran untuk memanfaatkan lahan yang luas dengan menanam pohon produktif seperti yang dilakukan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia.

Read more »

Peduli Lingkungan

Hj. Sri Widiati,S.Pd, MM

PEDULI   LINGKUNGAN

Pada tahun pelajaran 2011/2012 SMAN 16 Surabaya telah mencanangkan program peduli lingkungan. Program ini telah dimasukan ke dalam kurikulum, dalam bentuk pembelajaran muatan lokal. Pembelajaran muatan lokal di SMAN 16 Surabaya ditekankan pada 3 R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle.

Read more »

NO PLASTIC AT OUR SCHOOL

No Plastic at Our School adalah program yang menjadi prioritas utama di SMAN 16 Surabaya. Program ini baru berjalan selama beberapa minggu di sekolah kami.

Pada awalnya, kami hanya berpikir jika plastik sangat berbahaya bagi tanah, namun setelah mendapatkan pembinaan dari Tunas Hijau, kami jadi tahu, ternyata plastik justru sangat berbahaya bagi laut, karena mematikan makhluk hidup yang ada di laut dan karena binatang-binatang di laut mati, ikan akhirnya memakan plastik, lalu jika kita memakan ikan tersebut, berarti sama saja dengan kita mengkonsumsi plastik juga.

Beberapa hari yang lalu kami melakukan pengecekan di tempat sampah di sekitar lingkungan sekolah kami, dan hasilnya menunjukkan bahwa sampah plastik merupakan komponen kedua terbanyak yang dibuang setelah limbah kertas. Dari sampah-sampah plastik tersebut, yang paling mendominasi adalah plastik kemasan minuman, jajanan, dan sedotan. Kami mengambil salah satu plastik kemasan minuman, kemudian kami membaca simbol yang tertera di bawah kemasan tersebut. Simbolnya bertuliskan angka 4, dan setelah kami cari di internet, kami mendapatkan informasi bahwa 4 = LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/ dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek.
Sifat jenis plastik LDPE adalah:
1. Kuat,
2. Agak tembus cahaya,
3. Fleksibel dan permukaan agak berlemak.
4. Pada suhu di bawah 60 derajat Celcius sangat resisten terhadap senyawa kimia,
5. Daya proteksi terhadap uap air tergolong baik,
6. Kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.
Barang berbahan LDPE ini baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini, tetapi sulit dihancurkan.

Dan sumber dari internet juga menyebutkan bahwa kemasan permen, plastik bening yang kaku, dan cling wrap (plastik tipis yang digunakan sebagai pembungkus makanan) mengandung Poli vinyl chlorida (PVC). Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. bersifat karsinogenik dan mengandung dioksin, PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

Maksud kami memprioritaskan program ini adalah karena kedepannya, kami ingin tidak ada plastik yang betebaran di lingkungan sekitar. Dan tujuan kami adalah sama sekali tidak ada plastik. Karena apa? Karena selain sampah plastik kurang enak dipandang, plastik juga mengandung banyak sekali zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita, serta plastik juga sulit untuk di daur ulang.

Bukan hal yang mudah untuk menjalankan program ini, karena seluruh warga sekolah sudah terbiasa untuk menggunakan plastik dalam kesehariannya.

Oleh sebab itu untuk mencapai No Plastic at Our School, kita memulai dari program Low Plastic at Our School terlebih dahulu.

Berikut ini adalah usaha-usaha yang kami lakukan dalam rangka menyukseskan program ini:

–          Menempel slogan No Plastic at Our School

–          Selalu mensosialisasikan bahaya plastik terhadap lingkungan dan kesehatan diri sendiri pada warga sekolah

–          Penggunaan plastik sebagai bungkus makanan diganti menjadi kertas

–          Penggunaan plastik sebagai tempat/bungkus minum diganti menjadi gelas

–          Selain itu, kami siswa-siswi di SMAN 16 Surabaya juga melakukan pengolahan terhadap bungkus plastik menjadi barang layak pakai dan layak jual, contohnya tepak, sandal kamar, topi, dll.

Berikut ini adalah bukti foto yang kami ambil sembunyi-sembunyi – plastik masih digunakan oleh siswa-siswi di sekolah sebagai bungkus makanan/minuman:

Siswa sedang jajan pakai plastik
jajanan pakai plastik

Berikut ini adalah bukti jika sampah plastik jumlahnya masih banyak di tempat sampah:

Tempat sampah di kantin

Kami sadar, untuk menghentikan kebiasaan penggunaan plastik sepenuhnya bukanlah hal yang mudah, tapi kami yakin dengan adanya program No Plastic at Our School ini mampu meminimalisir penggunaan plastik di lingkungan sekolah kami.

Jurnal Kegiatan Friday Go Clean, Surabaya Eco School 

1.       Apa sih kegiatan yang dilakukan minggu ini?

Meneruskan kegiatan Friday Goes Clean yang telah berjalan dan mencoba memulai melakukan kegiatan baru, seperti: menanam TOGA di taman kelas.

2.       Siapa saja sih yang ikut berpartisipasi?

Yang jelas seluruh warga turut berpartisipasi, khususnya siswa-siswa kelas X dan XI. Sebagai contoh, kelas X5 sudah memulai mendekorasi wilayah taman kelas mereka, dan siswa-siswanya telah berpartisipasi membawa tanaman TOGA seperti serai dan sirih.

3.       Kapan ya kegiatannya dilaksanakan?

Sebenarnya kegiatan ini telah berlangsung sejak 1 bulan yang lalu, namun baru mulai dari 2 minggu lalu program ini dikerjakan dan dilaksanakan secara maksimal.

4.       Bagaimana jalannya kegiatan ini?

Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap hari Jumat pagi sebelum jalannya kegiatan PBM. Di hari yang senggang ini, para siswa tentunya sangat bersemangat dalam membantu jalannya program ini. Meskipun dengan bermain-main dengan teman-temannya, mereka tetap berpartisipasi besar dalam hal ini. Yang intinya, setiap hari Jumat adalah hari pendek yang diisi dengan kegiatan kerja bakti massal.

5.       Kenapa kegiatan itu dilakukan?

Bukan hanya karena SMAN 16 Surabaya ikut dalam ajang lomba ECO school, tapi terlebih dari hal itu, kegiatan ini dilakukan untuk menunjang sarana belajar – mengajar. Suasana atau lingkungan sekitar berperan penting untuk kegiatan PBM. Karena jika lingkungan sekolah bersih, segar, dan sehat, siswa-siswa akan lebih bisa belajar dengan baik.

6.       Dimana kegiatan ini biasanya dilakukan?

SMAN 16 memiliki wilayah taman yang cukup luas. Setiap kelas setidaknya memiliki satu taman mini di depan kelasnya. Jadi, siswa-siswa memulai kegiatan ini dari taman-taman kelasnya dahulu, lalu menyebar ke daerah sekitar kelasnya, seperti ‘Letter U’ dan ‘Letter T’ yang sedang dalam proses untuk dihijaukan.

Lomba MURAL, program Eco School SMAN 16 Surabaya

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Lomba Mural di SMAN 16 Surabaya, diikuti oleh seluruh kelas baik kelas X (sepuluh), kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas).  Setiap kelas diwakili oleh 5-10 orang yang akan melukis dinding samping kelas XI-IPS dan Kelas XI IPA.

Mural ( Melukis didinding tembok)

Lomba Mural bertema “lingkungan”  ini salah satu program Eco School sekolah. Dalam lomba tersebuat ada banyak kompetensi yang digali dari para siswa diantaranya kreatifitas seni, apresiasi seni, dan lingkungan yang tadinya kumuh, kotor, manjadi lingkungan yang bersih, hijau indah dan asri.

Mural

Seluruh warga sekolah turut mensukseskan lomba ini terutama wali kelas yang sangat andil dalam mensukseskannya. Besok Raby tanggal 12 Oktober 2011, mulai dilombakan menlukis di dinding dimulai Pukul 06.30  s.d 15.00 WIB. InsyaAllah acara ini besok akan diliput oleh media elektronik, semoga sukses..!

Pembinaan Tunas Hijau tentang 3 R Program Eco School

Sejak di sosialisasikan program pemerintah Kota Surabaya tentang Eco School, SMA Negeri 16 Surabaya telah berupaya untuk mensukseskannya. 3 R yaitu “Reduce, Reuse dan Recycle”, menjadi bagian dari program Eco Scholl SMAN 16 Surabaya.

Sebanyak 40 Siswa-siswi sebagai kader lingkungan di sekolah mendapatkan pembinaan dari Tunas Hijau tentang ReCycle, yaitu cara membuat komposting. Seluruh siswa sangat antusias saat pembinaan.

Cara membuat kompos

Pembinaan dari Tunas Hijau

KRONOLOGI ECO SCHOOL DAN KIAT-KIAT SMA NEGERI 16 SURABAYA

        Tgl 10 Sept 2011        Eco school  di lounching dan dibuka
           (   Sabtu  )                   secara resmi oleh Wali kota Surabaya
                                                   Ir. Tri Risma Harini,
                                                   Mengundang 700 sekolah SMP,SMA,
                                                   SMK Negeri dan Swasta se Surabaya.
                                                   Pesan /isi  ceramah:  Betapa pentingnya sebuah kebijakan tentang
                                                   kebersihan/keIndahan lingkungan kota Penekanan /pembudayaan peduli
                                                   Lingkungan melalui kurikulum dan Kia-kiat sekolah dalam mensukseskan
                                                   Eco School Read more »
Jangan harap bisa dengan mudah makan dan minum menggunakan kemasan plastik sekali pakai di SMA Negeri 16 Surabaya. Pasalnya, di sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Prapen ini sudah memulai program Bebas Sampah Plastik. Bila di sekolah yang lainnya minum selalu menggunakan kantong plastik sekali pakai, maka di kantin sekolah ini hanya gelas plastik yang bisa dipakai berulang kali yang disarankan dipakai.

Sri Widiati, kepala SMA Negeri 16 Surabaya

“Saat ini masih belum 100 persen bebas sampah plastik pembungkus makanan dan minuman. Tapi program ini sudah diterapkan,” ujar Kepala SMA Negeri 16 Surabaya Sri Widiati perihal program Bebas Sampah Plastik. Dampaknya, sampah plastik yang selama ini jadi masalah di kebanyakan sekolah bisa dikurangi volumenya. Read more »

Filed under: LINGKUNGAN | Tagged: | Leave a Comment »

Warga SMAN 16 Bersatu Optimalkan Surabaya Eco School

Posted on September 25, 2011 by sman16sby | Edit

Surabaya- Tidak semua sekolah memiliki awalan bagus dalam program Surabaya Eco School yang dicanangkan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. SMAN 16 tergolong sekolah yang memiliki awalan bagus. Pasalnya, kepala sekolah ikut ambil alih peranan penting dalam program lingkungan hidup yang tahun ini dikhususkan SMP dan SMA se Surabaya ini. Kesimpulan ini didapat saat pembinaan lingkungan hidup Surabaya Eco School di SMAN 16, Kamis (22/9).

“Semua penanggung jawab sudah saya bentuk untuk mendampingi siswa. Selanjutnya saya harapkan siswa dapat berperan aktif untuk menjalankan program yang telah mereka miliki. Dari tim guru sudah sangat antusias, sudah memiliki komitmen yang sama untuk lingkungan sekolah termasuk saya sendiri,” ujar Kepala SMAN 16 Surabaya Sri Widiati. Read more »

Filed under: LINGKUNGAN | Tagged: | Leave a Comment »

3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)

Posted on September 21, 2011 by sman16sby | Edit

Reduce artinya mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Kurangi juga penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya.

SMA Negeri 16 Surabaya, telah melaksanakan program ramah lingkungan, yaitu untuk mengurangi sampah plastik dengan slogan “No Plastic at Our School” Tidak ada plastik dilingkungan sekolah.

Contohnya, untuk minum siswa-siswa kelas XII IPA 2 membawa alat dispenser berikut Air galon kedalam kelas dengan cangkir yang telah di beri nama sendiri-sendiri. Seperti itulah untuk mengurangi sampah plstik di kelas. Siswa-siswa kelas X (Sepuluh) program “Reduse” dengan mengambil sampah-sampah daun,  atau batang pohon untuk disimpan dan nantinnya akan di daur ulang di kelas XII Read more »

Filed under: LINGKUNGAN | Tagged: , , | Leave a Comment »

LIngkungan Bersih, Hijau , Asri dan Rindang

Posted on September 20, 2011 by sman16sby | Edit

SMA negeri 16 Surabaya, sekolah yang luas tanahnya besar dikelilingi oleh pohon-pohon besar, sehingga lingkungan di sekolah Bersih, Hijau dan Asri dan RindangDengan program Muatan lokal tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), sangat mendukung pelestarian lingkungan. 3 R ( Reduse, Reuse dan Resycle )

Taman depan kelas
Lingkungan Disekitar sekolah

Lingkungan SMAN 16 Sby

Filed under: LINGKUNGAN | Tagged: | Leave a Comment »

Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan dan Kesehatan!!!

Posted on September 18, 2011 by sman16sby | Edit

NETIZEN–Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi “PR” besar bagi bangsa Indonesia adalah faktor pembuangan limbah sampah plastik. Kantong plastik telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola.
Diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah bekas kantong plastik itu benar-benar terurai. Namun yang menjadi persoalan adalah dampak negatif sampah plastik ternyata sebesar fungsinya juga.

Read more »

Filed under: LINGKUNGAN | Tagged: | Leave a Comment »

No Plastic and Friday Go Clean

Posted on September 18, 2011 by sman16sby | Edit

Untuk menjaga lingkungan sekolah selalu bersih, rapi, hijau dan asri. Sekolah mencanangkan Tidak ada plastik di lingkungan SMAN 16 Surabaya. Juga untuk menjaga kebersihan, setiap 2 minggu sekali ada program jum’at bersih untuk seluruh warga sekolah.

Lapangan Upacara SMAN 16 Sby

Kantin-kantin sekolah, mulai minggu depan berusaha untuk tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus jajanan. Siswa di himbau untuk membawa temapt minum dan temapt makan dari rumah.

Semoga program ini berjalan lancar, Supaya sixteen hebat, nyaman, bersih dan rapi. Ok..!!, go ..go sixteen

Filed under: ISO 9001-2008, LINGKUNGAN | Tagged: | Leave a Comment »

 

4 responses to “ECO SCHOOL

  1. Nofrida Nurmalia Masytha

    October 24, 2011 at 12:08 pm

    Siap bu🙂
    Kalo bisa sixteen ntar dibuat jadi Lahan perhutanan Dan perikanan ,biar belajarnya tambah seger😀

     
  2. Etna Rufiati

    October 23, 2011 at 4:29 am

    Alhamdulillah, iya Frida, berkat warga sekolah pegiat lingkungan termasuk kamu, sekolah kita makin keren. Let’s Keep Green Our School.

     
  3. Nofrida Nurmalia Masytha

    October 22, 2011 at 11:53 am

    Sixteen tambah lama tambah heboh Aja ,makin kece !😀

     
  4. eny innajati

    October 10, 2011 at 5:20 am

    Good program

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: