RSS

Profil D’Cinnamons

04 Sep

D’Cinnamons adalah Grup Musik dari Indonesia yang beranggotakan 3 orang dan beraliran unplugged acoustic. Mereka terdiri dari Dodo (Lead Vocals & Acoustic Guitar), Nana (Acoustic Bass & Backing Vocal), dan Bona (Acoustic Guitar & Backing Vocal). Band ini mengedepankan konsep easy listening, khususnya dengan instrumen acoustic gitar dan vokal yang soulfull tapi natural. D’Cinnamons diambil dari kata cinnamon yang dalam bahasa Latin berarti kayu manis, salah satu rempah yang wangi dan beraroma khas. Oleh karenanya mereka berharap D’Cinnamons dengan ciri khasnya bisa mengharumkan dunia musik Indonesia.

D'cinnamons

Diresmikan pada tanggal 17 September 2004, D’Cinnamons ingin menjadi berbeda dibandingkan band-band lainnya pada tahun itu. Pada saat itu kebanyakan band-band cafe di Bandung khususnya, beraliran alternative pop rock dan sangat jarang yang berformat unplugged acoustic. Hal ini membuat D’Cinnamons tetap komit dengan aliran musik mereka, dengan harapan mereka terlihat berbeda dan bisa diterima di masyarakat luas. Dan ternyata berhasil dan sampai sekarang D’Cinnamons bisa tampil di berbagai macam kalangan.

Pada tahun 2004 juga, D’Cinnamons merekam secara indie lagu mereka dan menyebarkannya melalui media radio. Dan secara tak terduga, beberapa minggu kemudian single Loving You menduduki peringkat 1 selama 11 minggu di Ardan Indie Chart dan juga di beberapa radio lainnya. Dan akhirnya dari Januari sampai Juni 2005, D’Cinnamons diberi kesempatan untuk mempunyai acara di Radio Paramuda Bandung dengan nama “D’Cinnamons Love Acoustic Session”. Dari situ D’Cinnamons jadi semakin dikenal dan mendapat banyak tawaran kontrak album dari beberapa label besar dan indie di Indonesia. Dari tawaran tersebut, akhirnya D’Cinnamons memilih Pops Musik (Aquarius Musikindo) sebagai label mereka.

Di bawah naungan Pops Musik, mereka merilis album pertamanya yang diberi judul Good Morning dan dengan hits single pertamanya mereka menjagokan Loving You. Album ini terdiri berisikan 10 lagu dengan tema cinta yang diciptakan sendiri oleh mereka, dan 6 lagu diantaranya lagu berbahasa Inggris. Suasana musik cozy, santai dan friendly lewat harmonisasi nada yang cantik dengan vocal soulfull serta natural menjadi bagian dari album Good Morning ini. Pada single kedua yang berjudul Kuyakin Cinta, Dodo si penulis lagu bertanya akan kejujuran dan kesalahan jatuh cinta, namun ternyata ia menemukan yg disebut cinta itu tidak pernah salah. Hal ini diangkat menjadi konsep utama di video musik karya Eugene Panji, yang mengundang artis dan komedian Ucok Baba dan kawan kawan cebol lainnya untuk tampil di video ini. Di video ini, Ucok Baba dan istrinya (diperankan oleh seorang model) memerankan manusia yg secara fisik kurang sempurna tetap dapat mendapatkan cinta yang jujur dan sempurna.

Setelah merilis Good Morning, D’Cinnamons akhirnya mengeluarkan singlenya yang berjudul Selamanya Cinta (ciptaan Dorrie Kalmas) pada September 2007. Single ini tergabung di dalam soundtrack film Cintapuccino, dimana di dalamnya terdapat 4 lagu dari album Good Morning, dan lagu – lagu lainnya dari Yana Julio, Utopia, Ahmad Dhani, Olif, dan Rita Effendi. Dan Selamanya Cinta ini sukses mengantarkan D’Cinnamons meraih piala IMA 2008 (Indonesian Music Award 2008) sebagai soundtrack terfavorit 2008.

Kesuksesan ini membuat D’Cinnamons merilis single berikutnya yang berjudul Galih dan Ratna yang merupakan ciptaan dari Guruh Soekarnopoetra. Dodo dibantu dengan Gatot Alindo mengaransemen ulang lagu Galih dan Ratna yang dulu dibawakan oleh alm. Chrisye. Keindahan aransemen versi awal menjadi tantangan tersendiri untuk dijadikan versi akustiknya. D’Cinnamons bermain dalam trainbeat ditemani sedikit bumbu folk gitar dobro, ditemani suara Dodo yang ringan, berkarakter dan natural. Sedikit bermain aransemen, konsep trainbeat dianalogikan sang sutradara video klip Erik Wiradiputra sebagai lajunya kereta api. Syuting video klip pun dilakukan dalam gerbong kereta api, di stasiun kereta api kota Bandung. Untuk menambah romantisme dua sejoli, Wiradiputra memilih 3 pasang model yang bermain sepeda bersama, yang syutingnya dilakukan di kompleks kotabaru Parahyangan Padalarang.

Pada Desember 2009, D’Cinnamons berangkat ke Hongkong dan Macau selama 5 hari untuk syuting single mereka yang berjudul Damai Tapi Gersang. Single ini lagi – lagi aransemen ulang dari lagu lama, kali ini lagu ciptaan Alm. Ajie Bandi. Mereka memilih reruntuhan Gereja St. Paul dan kuil Budha sebagai main scenenya. Lagunya sendiri diciptakan oleh Alm. Ajie Bandi sebagai lambang keprihatinannya terhadap dunia yang semakin penuh dengan korupsi, kebohongan, kemunafikan, kegombalan, dan janji – janji. Beliau ingin kita saling damai, saling mencintai karena hidup itu hanya sebentar. Dengan ini D’Cinnamons ikut berbangga hati dapat melestarikan lagu yang berkualitas.

Saat ini D’Cinnamons sedang mengerjakan album kedua mereka yang mereka beri judul Atlantis. Di album ini ada lagu yang berjudul Atlantis dan diciptakan oleh Bona setelah dia membaca sebuah buku tentang “Atlantis Indonesia” oleh Profesor Santos. Diluar tema cinta, tema yang memperkuat album ini adalah rasa ingin tahu,berimajinasi, dan rasa berharap akan indahnya mimpi. Saat ini pula, D’Cinnamons telah diberikan kesempatan untuk tampil di luar negeri salah satunya Phuket, Thailand dan Seoul, Korea Selatan.

Sumber expo.its.ac.id

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: