RSS

Warga SMAN 16 Bersatu Optimalkan Surabaya Eco School

25 Sep

Surabaya- Tidak semua sekolah memiliki awalan bagus dalam program Surabaya Eco School yang dicanangkan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. SMAN 16 tergolong sekolah yang memiliki awalan bagus. Pasalnya, kepala sekolah ikut ambil alih peranan penting dalam program lingkungan hidup yang tahun ini dikhususkan SMP dan SMA se Surabaya ini. Kesimpulan ini didapat saat pembinaan lingkungan hidup Surabaya Eco School di SMAN 16, Kamis (22/9).

“Semua penanggung jawab sudah saya bentuk untuk mendampingi siswa. Selanjutnya saya harapkan siswa dapat berperan aktif untuk menjalankan program yang telah mereka miliki. Dari tim guru sudah sangat antusias, sudah memiliki komitmen yang sama untuk lingkungan sekolah termasuk saya sendiri,” ujar Kepala SMAN 16 Surabaya Sri Widiati.

Sangat terlihat memang untuk komitmen dari jajaran pengajar di sekolah ini. Bahkan sekitar 10 orang pengajar mengikuti pembinaan yang disampaikan oleh pegiat Tunas Hijau kepada siswa. Keikutsertaan para pengajar SMAN 16 itu utamanya untuk mengetahui cara mereka harus memulai program lingkungan hidup di sekolah berdasar permasalahan yang ada di sekolah.

Keinginan para pengajar di sekolah ini pun nampak tidak bertepuk sebelah tangan. Para siswa tim lingkungan pun sudah mulai bergerak untuk menerapkan program lingkungan hidup yang dibuat, seperti pengomposan dan kegiatan 3R. “Kami telah melakukan pengomposan yang dilakukan dengan melubangi tanah di sekolah,” ujar Ira Talitha Cyrilla, salah satu siswa anggoa tim lingkungan.

Ditambahkan oleh Ira bahwa mereka juga memanfaatkan tanah sebagai tempat untuk mengolah kompos tersebut. Para siswa juga diajarkan penerapan prinsip 3R, bahkan sekolah sudah melakukan larangan untuk pemakaian kemasan plastik sekali pakai. “Meskipun prakteknya masih ada beberapa yang melanggar,” ujar Ira, siswi berkerudung tersebut. (naren)

Sumber :

http://surabayaecoschool.tunashijau.org

 

 
6 Comments

Posted by on September 25, 2011 in LINGKUNGAN

 

Tags:

6 responses to “Warga SMAN 16 Bersatu Optimalkan Surabaya Eco School

  1. Abdul Razzaq Thahir

    October 12, 2011 at 11:57 pm

    Saya rasa kalau seluruh warga SMAN 16 “merasa memiliki” terhadap lembaga atau lingkunganya, saya yakin segala keinginan akan tercapai.
    Apa yang dilakukan dengan cara ihlash, positive thinking dengan semua elemen yang ada, saling menghargai pasti gemerlap bintang akan selalu datang disekolah kita tercinta,
    Ayo semangat, cayoo Sixteen !

     
    • Bu Enny

      October 13, 2011 at 12:15 am

      iya pak Reza, sangat betul. Semoga saja keinginan kita semua terkabul…….amin

       
      • Bu Tien

        October 13, 2011 at 12:17 am

        betul Bu Enny, aku setuju…..S’moga

         
  2. yanti

    October 11, 2011 at 1:47 am

    Jika lingkungan kita bersih, hijau, sehat dan segar yang menikmati ya kita semua yang berada di sekitar lingkungan, khususnya kita sebagai warga SMAN 16 Surabaya dan……… jangan lupa kita wajib untuk menjaga dan memeliharanya agar tetap cantik sepanjang masa sekaligus melestarikan kebiasaan ini untuk penerus baik siswa, guru maupun karyawan berikutnya

     
  3. tienkartina

    October 10, 2011 at 4:43 am

    Iya, BU Etna Eco School perlu kita dukung, selain sekolah kita jadi sekolah yang berwawasan lingkungan, juga mendukung program pemerintah Kota Surabaya tentang Clean and Green. Dengan eco School sekolah kita menjadi bersih, rindang, hijau dan asri, semoga saja segera terwujud….amin

     
  4. Etna Rufiati

    October 10, 2011 at 12:38 am

    Kita para guru dan siswa bersatu optimalkan Surabaya Eco School. Insya Allah kami selalu dapat berbuat yang terbaik dalam hidup kami, dalam proses pembelajaran, maupun membuat lingkungan pembelajaran, di kelas dan di halaman sekolah menjadi bersih dan sehat. Kami selalu melakukannya dan ke depan semoga tetap semangat untuk melakukannya.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: