RSS

3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)

21 Sep

Reduce artinya mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Kurangi juga penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya.

SMA Negeri 16 Surabaya, telah melaksanakan program ramah lingkungan, yaitu untuk mengurangi sampah plastik dengan slogan “No Plastic at Our School” Tidak ada plastik dilingkungan sekolah.

Contohnya, untuk minum siswa-siswa kelas XII IPA 2 membawa alat dispenser berikut Air galon kedalam kelas dengan cangkir yang telah di beri nama sendiri-sendiri. Seperti itulah untuk mengurangi sampah plstik di kelas. Siswa-siswa kelas X (Sepuluh) program “Reduse” dengan mengambil sampah-sampah daun,  atau batang pohon untuk disimpan dan nantinnya akan di daur ulang di kelas XII

Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti contohnya memberikan baju-baju bekas anda ke yatim piatu. Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan. Di SMA Negeri 16 Surabaya ,” Reuse” telah dilaksanakan dengan memanfaatkan sampai plastik, menjadi barang yang bernilai seni dan nilai ekonomis, seperti yang telah dilakukan oleh siswa kelas XI (Sebelas)

Hasil Karya Siswa SMAN 16 Sby (Re-Use)

"re-Use, kreasi limbah kertas

Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali. Daur ulang secara besar-besaran belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Tempat sampah yang membedakan antara organik dan non-organik saja tidak jalan. Program recycle di SMA Negeri 16 Surabaya, dengan pembuatan Komnposting, yang dilakukan oleh siswa kelas XII baik jurusan IPA atau IPS

Sedang membuat kompos oleh Siswa-siswa

"resycle" oleh siswa-siswa kelas XII IPA & XII IPS

"RESYCLE", Daur ulang kertas koran, bisa dijadikan patung, atau tempat bunga dll.

 
4 Comments

Posted by on September 21, 2011 in LINGKUNGAN

 

Tags: , ,

4 responses to “3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)

  1. nadnadnad

    September 18, 2012 at 5:19 am

    istimewa……..*_*

     
  2. Nofrida Nurmalia Masytha

    October 24, 2011 at 12:39 pm

    Iya ,perasaan taun lalu waktu masih kelas 9 ,waktu tryout di sini , 16 sekolahnya jelek . Masih kumuh . Eh taun ini saya masuk 16 ,ternyata 16 bener bener luar biasa kerennya ! Bangunannya ,lingkungannya, semuanya lah . Jadi betah lama2 di skolah ,jadi males pulang😉

     
  3. Dra. I.Mufidah, M.Pd

    October 14, 2011 at 6:18 am

    SIXTEEENNNNN!!!!!! LUAR BIASA!!!!!!! Moga pelaksanaan 3R yang didukung seluruh sixtenegers akan menjadikan sixten lebih bersih, hijau, asri, dan membuat sixtenegers krasan berlama-lama di sixten.

     
  4. Etna Rufiati

    October 10, 2011 at 2:10 am

    Senang sekali mendengar dan melihat siswa-siswa SMAN 16 ini melaksanakan Program 3R. Semoga 3R menjadi kebiasaan dalam hidup kita bersama, dimana saja, kapan saja, dimana saja, tidak hanya di sekolah. Sehingga Insya Allah apapun yang kita lakukan dalam hidup ini, tak sedekar “Acting”, namun lebih dari itu, kita jadikan 3R ini sebagai “Habit” yang berarti kita biasa melakukannya. Ayolah anak-anak, bersama kita dukung dan laksanakan program 3R ini. Selamat untuk kalian yang sudah terbiasa melakukannya.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: