RSS

KTSP (KURIKULUM SMAN16 SBY)

17 Sep

Sistem pendidikan nasional yang telah dibangun selama tiga dasa warsa terakhir ini ternyata belum mampu sepenuhnya menjawab kebutuhan dan tantangan nasional maupun global dewasa ini. Program pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan yang selama ini manjadi fokus pembinaan dan menjadi masalah menonjol dalam dunia pendidikan kita. Kenyataannya menunjukkan bahwa pemerataan kesempatan belajar dan kualitas pendidikan kita masih jauh dari harapan. Pada sisi lain, tantangan dan perkembangan lingkungan strategi dalam berbagai bidang kehidupan semakin berat.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang amat cepat serta iklim kompetensi dalam berbagai bidang kehidupan yang semakin ketat merupakan tantangan nyata yang harus kita hadapi untuk dapat bertahan dalam percaturan posisi yang strategis dan mempunyai peranan penting untuk perbaikan sistem pendidikan nasional kita.

Dalam penyelenggaraan pendidikan nasional masa depan      perhatian perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidikan manajemen pendidikan dan pratisipasi masyarakat. Sejak tahun 1999 bergulir tema besar dalam kerangka reformasi dan demokrasi pendidikan di Indonesia. Sebagai bagian tema tersebut, dalam penyelenggaraan pedidikan di sekolah diperkenalkan konsep manajemen berbasis sekolah, yang selanjutnya disebut MBS. Secara konseptual MBS dipahami  sebagai salah satu alternatif pilihan formal untuk mengelola struktur penyelenggaraan pendidikan dengan menempatkan sekolah sebagai unit utama peningkatan kualitas pendidikan.

MBS memberi kesempatan yang lebih luas kepada sekolah untuk belajar mandiri dalam hal manajemen kepemimpinan dan pengembangan institusional, kurikulum, penyediaan sarana belajar, sumber daya manusia serta membangun partisipasi masyarakat. Peningkatan pendidikan perlu dukungan para STAKEHOLDER yang meliputi pemerintah daerah, komite sekolah, kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan masyarakat sekolah serta siswa.

Dalam pelaksanaan MBS perlu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, maka Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikenal dengan istilah KTSP adalah kurikulum SMA Negeri 16 Surabaya yang sesuai sengan konsep MBS.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum SMA Negeri 16 Surabaya, yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari  standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

 
Leave a comment

Posted by on September 17, 2011 in KURIKULUM

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: