RSS

ISO 9001:2008 DI SMA NEGERI 16 SURABAYA

15 Sep

Tanggal 11 Maret 2011 merupakan tonggak baru bagi SMA Negeri 16 Surabaya, sebab pada hari itu diadakan deklarasi ISO 9001:2008. Setelah bekerja keras berbagai pihak selama tiga bulan maka pada tanggal 24 Juni 2011 dilakukan Audit External dari  Singapore  dan SMA Negeri 16 Surabaya dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dan penyerahan sertifikat dilaksanakan di Rumah Makan Mahameru Surabaya. Ini menandakan bahwa manajemen yang dilaksanakan di SMA Negeri 16 Surabaya memenuhi standar internasional dan pada tahun-tahun mendatang akan dilakukan standardisasi bidang lainnya misalnya manajemen lingkungan (ISO 14001:2008) yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (bahasa Inggris: International Organization for Standardization disingkat ISO atau Iso) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tetapi sekarang lebih sering memakai singkatan ISO. Pada awalnya ISO dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja, misalnya. standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya. Untuk standar manajemen ISO memberi kode 9001 sedangkan 2008 merupakan tahun keluaran (tahun edisi).

Secara garis besar penerapan ISO di suatu perusahaan (lembaga) berguna untuk:

  1. Meningkatkan citra perusahaan (lembaga)
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan (lembaga)
  3. Meningkatkan efisiensi kegiatan
  4. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  5. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  6. Mengurangi risiko usaha dalam perusahaan (lembaga)
  7. Meningkatkan daya saing
  8. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  9. Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal

Dengan diperolehnya sertifikat ISO 9001:2008, maka SMA Negeri 16 Surabaya dalam melaksanakan aktifitas didasarkan pada Standart  Operational Procedure (SOP) yang telah disusun, sehingga tata kerja dan tata kelola sekolah menjadi lebih terarah, efektif, dan efisien. Adapun bidang-bidang yang telah dibuatkan SOP-nya adalah:

  1. Bidang Kesiswaan
  1. SOP tentang Penerimaan Siswa Baru
  2. SOP tentang Masa Orientasi Siswa
  3. SOP tentang Pemilihan Pengurus OSIS
  4. SOP tentang Tata Tertib Siswa
  5. SOP tentang Pelaksanaan BP/BK
  6. SOP tentang Penyaluran Tamatan
  1. Bidang Kurikulum:
  1. SOP tentang Penyusunan Persipan Pembelajaran
  2. SOP tentang Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
  3. SOP tentang Penilaian Hasil Belajar
  4. SOP tentang Kenaikan Kelas dan Penjurusan
  1. Bidang Sarana dan Prasarana
  1. SOP tentang Pengadaan Barang
  2. SOP tentang Perawatan dan Perbaikan Sarana Prasarana
  3. SOP tentang Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan
  4. SOP tentang Pengelolaan Perpustakaan
  1. Bidang Hubungan Masyarakat
  1. SOP tentang Pemberian Informasi
  2. SOP tentang Penerimaan Tamu
  3. SOP tentang Kepuasan Pelanggan
  4. SOP tentang Kerjasama dengan Lembaga Lain
  1. Bidang Ketatausahaa dan Kepegawaian
  1. SOP tentang Tata Usaha
  2. SOP tentang Pengelolaan Administrasi Kesiswaan
  3. SOP tentang Pengeloalaan Surat Menyurat
  4. SOP tentang Kenaikan Pangkat
  5. SOP tentang Tata Tertib Guru dan Karyawan
  6. SOP tentang Pengajuan Dana Operasional Sekolah

Adapun Susunan Tim ISO SMA Negeri 16SurabayaPeriode Maret 2011-Maret 2012 adalah:

No Nama Jabatan
1 Hj. Sri Widiati, S.Pd, M.M. Top Management (TM)
2 Drs. Syafi’i, M.Pd.I. Management Representative (MR)
3 Tuti Julistianna, S.Si Document Control (DC)
4 Drs. Edy Soewarno, M.Pd. Deputy Management Representative (DMR) Bidang Kesiswaan
5 Hj. Tien Kartina, M.M. Deputy Management Representative (DMR) Bidang Kurikulum
6 Dra. Hj. Tina Rahaju, M.M. Deputy Management Representative (DMR) Bidang Sarana Prasarana
7 Dra. Eny Purwati, M.M. Deputy Management Representative (DMR) Bidang Hubungan Masyarakat
8 Sutarni Deputy Management Representative (DMR) Bidang Ketatausahaan / Kepegawaian
9 Dra. Novica Lely R, M.M. KKP Bidang Kesiswaan
10 Drs. Sulistyono, M.M. KKP Bidang Kesiswaan
11 Tuti Julistianna, S.Si. KKP Bidang Kesiswaan
12 Dra. Hj. Lelly Lailiyah, M.M. KKP Bidang Kurikulum
13 Drs. M. Sobih, M.Pd. KKP Bidang Kurikulum
14 Ridwan, S.Pd. KKP Bidang Kurikulum
15 Drs. Sumanto KKP Bidang Sarpras
16 Dra. Endang Eko Marijati KKP Bidang Sarpras
17 Dra. Kuswinarti KKP Bidang Sarpras
18 Dra. Abdul Razzaq, S.Sos KKP Bidang Humas
19 Sri Nurainis Naini, S.Pd. KKP Bidang Humas
20 Dra. Marlina Kusmawati, M.M. KKP Bidang Ketatausahaan/Kepegawaian
21 Sri Utami, S.Pd. KKP Bidang Ketatausahaan/Kepegawaian
About these ads
 
Leave a comment

Posted by on September 15, 2011 in ISO 9001-2008, KURIKULUM

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: